Sabtu, 17 April 2010

KELOMPOK TANI INGIN MAJU DAN MANDIRI ? HANYA 2 HAL MODALNYA


Kita sebagai penyuluh pertanian tentunya tak akan bisa terlepas dari kelompok tani, karena kelompok tani mencerminkan keberadaan kita. Tak adanya kelompok tani dalam suatu wilayah binaan kita tentunya akan dipertanyakan kinerja kita. Kelompok tani merupakan wadah kita dalam menyampaikan informasi teknologi maupun media utama untuk memperbaiki PSK petani sebagai sasaran kerja kita. Kelompok tani merupakan tulang punggung pembangunan pertanian di negara kita.

Berbicara tentang kelompok tani, kita mengetahui ada dua macam kelompok tani yaitu kelompok tani yang aktif (ada struktur organisasi dan kegiatan yang jelas, rutin dan terarah) dan kelompok tani yang pasif (hanya ada strukturnya saja tanpa ada kegiatan). Tentunya kita menginginkan agar kelompok tani di wilayah binaan kita aktif semua kan? Nah kalau anda setuju, tentunya perlu diketahui modal utama agar supaya kelompok tani kita bisa aktif, partipasif dan maju dalam kegiatan.

Sebetulya hanya ada dua modal utama yang diperlukan untuk membentuk suatu kelompok tani yang bisa diandalkan dan mandiri yaitu KOMPAK dan TEKAT YANG KUAT dari semua anggotanya. Selama kelompok tani memiliki modal dua hal tersebut saya kira modal-modal yang lain sangat mudah untuk didapatkan. Sekarang kalau kita sudah mengetahui tentang dua hal tersebut, maka tugas kitalah untuk membangkitkan dan mengobarkan semangat KOMPAK dan TEKAT dalam suatu kelompok tani.

Setuju nggak rekan-rekan? yah itukan hanya hasil dari pemikiranku saja, kalau rekan-rekan pembaca ada yang kurang setuju atau mau menambahkan boleh-boleh saja. Kan ada kotak komentar dibawah postingan ini. silahkan di isi saja.....
-by maspar-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar