Minggu, 23 Januari 2011

PENYAKIT BERCAK COKLAT PADA TANAMAN PADI (Helminthosporium oryzae)

Setelah dua hari kita membahas tentang penyakit-penyakit tanaman padi versi Gerbang Pertanian kini kita telah memasuki hari ketiga. Untuk hari ketiga ini kita akan membahas tentang penyakit Bercak Coklat pada tanaman padi yang disebabkan oleh Jamur Helminthosporium oryzae . Dihari kemarin kita telah membahas tentang penyakit bercak coklat sempit pada tanaman padi.

Penyakit bercak coklat pada tanaman padi mempunyai gejala selain adanya bercak terjadi terutama pada daun juga bisa terjadi pada tangkai, malai bulir dan batang. Bercak muda berbentuk bulat kecil berwarna coklat gelap. Bercak yang sudah tua berwarna coklat dengan pusat berwarna kelabu, dengan ukuran bercak 0,4-1 cm X 0,1-0,2 cm. Bercak yang khas pada daun adalah oval berbentuk dan berukuran seperti biji wijen. Bentuknya serupa dan relatif tersebar merata pada permukaan daun. Sebagian besar bercak mempunyai warna kuning disekelilingnya.

Penyakit bercak coklat pada tanaman padi disebabkan oleh jamur Helminthosporium oryzae atau Drechslera oryzae. Penyebaran penyakit ini disebabkan oleh benih yang terinfeksi, angin dan sisa tanaman yang terserang. Gulma jenis Leersia sp, Cynodon sp, Digitaria sp yang terinfeksi juga bisa menjadi penular penyakit bercak coklat.

Untuk mengendalikan penyakit ini dapat dilakukan dengan:

  1. Penanaman varietas yang tahan
  2. Gunakan benih yang sehat
  3. Pemupukan yang berimbang dengan pemberian unsur K yang cukup
  4. Sanitasi lahan
  5. Pengolahan tanah yang sempurna
  6. Pengairan dan drainase yang baik sehingga akar dapat tumbuh sempurna
  7. Jarak tanam yang tidak terlalu rapat
  8. Gunakan sistem legowo
  9. Aplikasi fungisida sebagai seedtreatment dan dipertanaman. Gunakan fungisida berbahan aktif mankozeb, ziram, klorotalonil dan tembaga hidroksida sebagai pencegah.

Rencananya untuk hari ke empat besok kita akan membahas tentang penyakit bercak bergaris pada tanaman padi. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk episode yang akan datang (kayak sinetron aja he he�..).

Trimakasih dan semoga bisa memberi sedikit manfaat kepada kita semua, saya akhiri artikel saya kali ini tentang penyakit-penyakit tanaman padi versi Gerbang Pertanian pada bab penyakit bercak coklat. Untuk kritik saran dan tambahan informasi sangat saya harapkan.

-maspary-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar