Sabtu, 30 Oktober 2010

7 TIPS MEMILIH PESTISIDA YANG TEPAT UNTUK TANAMAN KITA

PESTISIDA Saya yakin tidak semua petani mudah dalam memilih pestisida untuk tanamannya. Sama seperti dokter ketika memberikan resep pada pasiennya. Mereka harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli pestisida dari kios-kios pertanian. Jadi intinya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli pestisida:

  1. Apa permasalahan yang terjadi pada tanaman kita. Terserang hamakah?. Atau terserang penyakitkah? Atau ada kendala yang lain
  2. Tentukan penyebab yang spesifik permasalahan tersebut. Misalnya jika tanaman kita terserang jamur, jamur apakah yang menyerang. Jika terserang hama hama apakah penyebabnya.
  3. Jika kita belum bisa mendifinisikan permasalahan tanaman kita, maka sebaiknya kita mencatat ciri-ciri permasalahan tersebut, kalau perlu membawa contoh tanaman yang bermasalah tersebut
  4. Setelah di kios pertanian coba jelaskan permasalahan tersebut pada pemilik kios dan minta saran solusinya
  5. Pasti si kios pertanian akan memberikan beberapa produk yang diperkirakan bisa menyelesaikan masalah
  6. Pelajari baik-baik tulisan yang tercantum pada kemasan pestisida tersebut, cari yang sesuai dengan permasalahan tanaman kita. Insektisidakah? fungisidakah? Untuk jenis tanaman andakah? Bagaimana aplikasinya? kalau perlu bagaimana cara kerjanya.
  7. Jika sudah ketemu, tanyakan pada kios apakah ada produk lain yang memiliki bahan aktif yang sama dengan persen bahan aktif yang sama pula dengan yang ditawarkan tersebut. Jika ada ambil yang harganya lebih murah. Untuk mengetahui tentang formulasi dan persen bahan aktif silakan baca artikel ini.

Sekian dulu postingan tentang tips memilih pestisida yang tepat untuk tanaman kita, smoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan petani yang akan membeli pestisida.

Artikel terkait: cara aplikasi pestisida yang benar

-by maspary-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar