Kamis, 23 Desember 2010

TEKNIS APLIKASI PESTISIDA UNTUK MENGENDALIKAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN TAHUNAN

24082010(003) Salam pertania! Hama dan penyakit bukan hanya menyerang tanaman semusim namun juga menyerang semua jenis tanaman tidak terkecuali tanaman tahunan. Sebagai contoh adalah serangan hama lalat buah pada tanaman mangga, hama ulat yang meyerang tanaman durian, penyakit kanker yang biasa menyerang tanaman albasia dan masih banyak lagi.

Jika tanaman kita masih kecil sebenarnya tidak menjadi masalah dalam mengaplikasi pestisida kita tinggal menyemprot saja menggunakan power sprayer. Namun jika tanaman kita telah mencapai tinggi 5-10 meter tentunya tangan kita sudah tidak menjangkau sampai tajuk apalagi ujung tanaman. Kendala utama mengendalikan hama maupun penyakit pada tanaman tahunan adalah bagaimana cara teknis aplikasi pestisida untuk mengendalikannya.

Sebenarnaya penyemprotan pestisida pada tanaman tahunan masih bisa dilakukan yaitu dengan cara memanjangkan selang tangki dan menggunakan bambu panjang sebagai pegangannya, namun terus terang saja cara tersebut kurang praktis, sangat ribet dan berbahaya.

Teknis pengaplikasian pestisida pada tanaman tahunan yang mudah dan praktis adalah dengan cara penyuntikan atau penginfusan. Cara praktispeng infusan tanaman tahunan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan pestisida yang akan diaplikasikan (sebaiknya pilih pestisida yang cara kerjanya sistemik. Contoh insektisida sistemik: Regent, Spontan dan konfidor sedangkan contoh Fungi yang sistemik: Preficur, Score, Ridomil dan Derosal)
  2. Buatlah larutan pekat dengan pestisida tadi (10 ml/ liter air)
  3. Bor tanaman dengan diameter bor 0,5-1 cm sesuaikan dengan besar tanaman, dengan kedalam kira-kira sampai setengah batang, posisi miring kebawah 45 derajat. Tinggi dari permukaan tanah kurang-lebih 1 m.
  4. Tuangkan larutan pestisida kedalam lobang hasil pengeboran tadi.
  5. Tutup lobang menggunakan lilin, kayu maupun tanah.
  6. Bisa juga dengan cara memotong akar yang punya diameter kurang lebih 1 cm, kemudian larutan pestisida ditaruh dalam bekas botol aqua. Letakkan botol yang berisi larutan pestisida tadi dengan posisi ujung akar yang terpotong terendam dalam larutan pestisida.
  7. Jika setelah 3-4 hati larutan pestisida habis silahkan diisi lagi dengan larutan yang baru sampai hama dan penyakit terkendali sempurna

Dengan cara tersebut larutan pestisida akan terbawa keatas melalui kambium dan akan menyebar ke seluruh jaringan tanaman. Ketika jaringan tanaman yang mengandung pestisida tersebut termakan oleh hama dan penyakit tentu hama dan penyakit tersebut akan mati.

Demikian secoret catatan dari seorang THL-TBPP yang menantikan kejelasan nasibnya, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan selamat mencoba. Kami selalu membuka kritik dan saran silahkan tuliskan di kolom komentar.

-maspary-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar